Thailand Setuju Format Piala AFF 2018 Berubah

Thailand Setuju Format Piala AFF 2018 Berubah

thailand-setuju-format-piala-aff-2018-berubah-m8q

 Agen Bola Online – Dalam hitungan hari kompetisi Piala AFF 2016 akan berakhir pada akhir pekan ini. Selepas penyelenggaraan event dua tahunan tersebut, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), berencana mengubah format dengan mengikutserakan 10 negara.

Sembilan negara dengan peringkat FIFA paling tinggi akan langsung lolos ke turnamen. Sementara negara ke-10 dan 11 harus melewati babak kualifikasi yang berlangsung dalam dua pertemuan.

Nantinya 10 tim terbaik dibagi menjadi dua grup, dan akan bertarung dalam format kandang-tandang. Setiap negara akan bermain sebanyak empat pertandingan dengan masing-masing dua di kandang sendiri dan dua di markas lawan.

Selanjutnya dua tim terbaik di fase grup melenggang ke semifinal yang akan diundi kembali oleh penyelenggara. Pertandingan semifinal dan final juga akan digelar dalam dua leg. Spekulasi mengenai rumor tersebut mendapat sambutan hangat dari Direktur Red Card Group, R Sasikumar.

“Itu masuk akal dari perspektif pendapatan. Akan ada lebih banyak pertandingan yang dimainkan di depan pendukung ketimbang menyaksikan langsung dari televisi. Itu berarti akan ada lebih banyak pendapatan,” ujar Sasikumar seperti dikutip Fox Sports Asia, Senin (12/12/2016).Baca Juga : Singkirkan Wakil Asia, Club America Tantang Real Madrid di Semifinal

Bos perusahaan pemasaran olahraga itu menambahkan, format baru Piala AFF ini mudah diterima. Karena setiap tim akan mengenal karakter permainan setiap negara. “Format baru ini mudah diterima. Ini bukan perubahan inovatif, ini merupakan inovasi untuk menjaga produk tetap segar,” terangnya.

Di tempat terpisah, mantan asisten pelatih Thailand, Steve Darby menyuarakan dukungannya tentang rencana perubahan tersebut. Menurutnya, setiap tim yang memiliki peringkat lebih rendah mempunyai kesempatan untuk bermain melawan tim yang lebih baik.

“Tahun ini masih terlihat kesenjangan tersebut,” tutup Steve Darby.