FIFA Sepakat Piala Dunia Diikuti 48 Tim

FIFA Sepakat Piala Dunia Diikuti 48 Tim

fifa-sepakat-piala-dunia-diikuti-48-tim-l9x

Agen bola online _ ZURICH – Perhelatan Piala Dunia bakal semakin meriah. Mulai edisi 2026, perebutan gelar juara akan diikuti 48 kontestan. Federasi Sepak Bola (FIFA) sepakat untuk menambah lagi hingga16 peserta.

Pada 2022 mendatang, Qatar akan jadi negara terakhir yang menggelar Piala Dunia dengan format 32 tim. Sebab, setelah itu atau mulai Piala Dunia 2026, peserta yang ikut akan meningkat jadi 48 tim.

Keputusan ini diambil setelah mayoritas anggota Dewan FIFA memberi restu saat rapat di Zurich, Swiss, Selasa (10/1/2017). Saat rapat berlangsung, sebanyak 37 anggota diminta memilih lima proposal.
Baca juga : FIFA Sepakat Piala Dunia Diikuti 48 Tim
Salah satu proposalnya adalah memilih Piala Dunia dengan 48 tim. Proposal kedua adalah Piala Dunia dengan 40 kontestan, lalu proposal ketiga adalah tetap dengan 32 peserta alias tidak ada perubahan.

Karena ada penambahan peserta, formatnya juga bakal diubah. Selama ini babak penyisihan Piala Dunia berisi delapan grup dengan empat peserta setiap grup. Tapi, mulai Piala Dunia 2026, akan ada 16 grup saat babak penyisihan, dimana setiap grup berisi tiga tim.

Siapa yang lolos ke babak gugur tidak berubah, cuma dua tim teratas yang melaju. Artinya, saat Piala Dunia 2026, fase knock-out dimulai dari 32 Besar bukan lagi 16 Besar. Ini guna memudahkan pengaturan di babak gugur.

Dengan penambahan peserta, durasi Piala Dunia 2026 dan seterusnya sudah tentu akan lebih lama. Namun, belum diketahui berapa lamanya. Pendistribusian slot juga belum dibeberkan. Tapi, kuat dugaan wakil Eropa dan Amerika Latin akan mendapat jatah lebih banyak.