Banyak Benjolan, Pembalap Sebut Sirkuit Austin Layaknya Trek Motocross

Banyak Benjolan, Pembalap Sebut Sirkuit Austin Layaknya Trek Motocross

Berita Bola Online – Pembalap Honda, Dani Pedrosa mengeluhkan kondisi sirkuit COTA, Austin, yang bergelombang di sana – sini layaknya lintasan di balap motocross. Tak hanya Pedrosa, sebagian besar pembalap seperti Marc Marquez, Valentino Rossi dan para pembalap terkemuka lainnya juga mengatakan hal serupa.

Mereka mengeluhkan bahwa lintasan di sirkuit COTA menjadi jauh lebih bergelombang sejak putaran terakhir bulan April 2016 lalu. Hal ini membuat mereka kesulitan untuk melakukan balapan dengan baik.

“Gila di sini sangat bergelombang,” kata Pedrosa kepada Motorsport, Sabtu (22/4).

“Kami menemukan di beberapa titik ada benjolan yang sangat besar. Ada setidaknya dua benjolan yang cukup besar. Ini bukan hal yang baik,” imbuhnya

“[Ada] satu yang besar dalam perjalanan menuju pengereman di putaran 1. Selain itu di putaran ke 6 juga ada yang besar. Di belokan ke 10, juga ada banyak dan kemudian di belakang trek lurus, di mana kita bergerak ke kiri, ada juga beberapa bagian yang bergelombang.

“Sial ini seperti di motocross,” umpat Pedrosa.

“Benjolan-nya sangat besar dan sangat sulit. Di akhir trek, putaran ke 17 dan 18 juga ada,” tukasnya.

Pedrosa merasa begitu tak senang dengan kondisi sirkuit Austin karena benjolan di lintasan telah menyulitkan upaya Honda untuk memasangkan mesin baru dan juga kontrol elektronik baru pada motornya.

Baca juga:

“Elektronik yang kami gunakan tidak dirancang untuk ini, mereka dirancang untuk jalur datar,” katanya.

“Misalkan aspal yang sempurna,” imbuhnya.

“Bila kita menemukan motor yang kita kendarai melompat dan roda berputar karena tidak ada kontak, maka motor secara otomatis akan memotong [kekuatan].

“Dan karena pemintalannya sangat cepat, potongannya akan menjadi sangat agresif. Tidak mungkin kita bisa mengatasinya,” terangnya.