Sirkuit Catalunya Soroti Keberadaan ‘Umbrella Girl’ di Balap MotoGP

Sirkuit Catalunya Soroti Keberadaan ‘Umbrella Girl’ di Balap MotoGP

Berita Bola Online – Setelah petinggi sirkuit Jerez gagal meyakinkan Dorna untuk menghilangkan keberadaan ‘Umbrella Girl‘ atau ‘Gadis Payung’ pada penyelenggaraan ajang balap MotoGP di sirkuit Jerez akhir pekan kemarin, kini giliran Montmelo yang berencana melakukan hal tersebut.

Dilansir dari Motorsport, Jumat (12/5), Partai politik Catalan atau Iniciativa per Catalunya Verds (ICV), dikabarkan akan membujuk Dorna untuk memberlakukan peraturan yang sedikit lebih ketat untuk para ‘Umbrella Girl‘ pada balapan MotoGP di Montmelo beberapa minggu kedepan. Pihak ICV juga dilaporkan telah mengajukan proposal kepada pemerintah kota Montmelo, untuk membantu membujuk Dorna demi tujuan tersebut.

Inisiatif ini bertujuan untuk mengakhiri tradisi dan pandangan stereotip tentang exploitasi perempuan sebagai obyek seks pada balapan di Circuit de Catalunya.

Berbeda dengan kasus Jerez, ICV tidak mencoba untuk benar-benar menghilangkan ‘Umbrella Girl‘, mereka hanya ingin memperketat peraturan yang ada terutama yang berkaitan dengan pakaian. Hal ini akan berlaku untuk semua event balap di Barcelona, termasuk balap Formula 1.

Baca juga:

Untuk melaksanakan inisiatif ini, ICV membutuhkan dukungan dari pihak lain, yang tampaknya tidak akan sulit untuk didapatkan. Namun, masih harus dilihat apakah pemerintah kotamadya Montmelo memiliki kekuatan untuk memaksakan hal ini pada Dorna atau tidak.

“Peran ‘Umbrella Girl‘ di Sirkuit Catalunya tidak cocok untuk diterapkan pada ke abad kedua puluh satu, terutama dalam masyarakat yang ingin menjadi modern dan egaliter,” kata ketua ICV, Jordi Manils.

“Karena dengan cara ini, perempuan digunakan sebagai objek yang membuat mereka terlihat sebagai ornamen sederhana,” tegasnya.