Ferrari Dapat Perlakuan Spesial dari Pirelli

Ferrari Dapat Perlakuan Spesial dari Pirelli

Berita Bola Online – Tim Ferrari F1 dikabarkan menerima perlakuan spesial dari produsen resmi ban Formula 1 untuk musim 2017, Pirelli. Kabar yang beredar kencang mengatakan jika ban Pirelli yang digunakan pada kejuaraan F1 musim 2017 ini, dirancang khusus untuk mobil Ferrari SF70H.

Oleh sebab itu pada musim 2017 ini, pembalap Ferrari tampil lebih kompetitif dibandingkan pembalap Mercedes. Saat Ferrari tak pernah mengeluh tentang performa ban, tim Mercedes dan Red Bull, terus menghadapi sederet kesulitan dengan performa ban di lintasan, terutama tim Mercedes.

Meskipun pihak Pirelli telah membantah kabar yang menyebutkan jika mereka memberikan perlakuan istimewa kepada Ferrari, namun pada kenyataannya pembalap Ferrari, Sebastian Vettel adalah orang pertama yang datanya digunakan sebagai acuan untuk membuat ban Pirelli musim 2017 ini.

Baca juga:

Vettel adalah satu-satunya pembalap yang mau menjadi sukarelawan untuk tes ban saat Pirelli mengembangkan konstruksi ban yang akan digunakan musim ini. Sebenarnya, kasus serupa pernah terjadi, yakni di awal tahun 2000an, saat pembalap Ferrari, Michael Schumacher mendominasi kejuaraan F1. Saat itu Michael Schumacher, Ferrari dan produsen ban asal Jepang, Bridgestone, diketahui memiliki hubungan yang sangat dekat.

Bridgestone saat itu dituding mengembangkan ban yang bekerja secara khusus dengan mobil Ferrari. Tudingan ini bahkan memanas hingga membuat terjadinya perselisihan di setiap akhir pekan.

Meskipun saat itu Bridgestone membantah tudingan yang dilontarkan kepada mereka, namun kenyataannya saat Michelin datang sebagai pemasok ban baru untuk F1, dominasi Ferrari di F1 pun mulai memudar, dan hasilnya Fernando Alonso bersama timnya, Renault, berhasil menjuarai kejuaraan F1 sebanyak dua kali bersama ban Michelin.