Mungkinkah Paulinho Sukses di Barcelona?

Mungkinkah Paulinho Sukses di Barcelona

Berita Bola Online – Rekrutan baru Barcelona, Paulinho menuai banyak kritik dan keraguan menyusul kedatangannya dari Klub Liga Cina, Evergrande. Paulinho dibeli Barcelona usai klausul buy out nya sebesar 40 juta euro ditebus raksasa Catalan. Pemain asal Brasil itu dikontrak untuk bermain bersama Barcelona selama empat musim ke depan.

Paulinho untuk kedua kalinya akan berkarier di Eropa. Pertama kalinya ia bermain di Eropa adalah untuk klub Inggris, Tottenham Hotspur. Ia membela Spurs pada kurun waktu 2013 hingga 2015. Namun performanya di White Hart Lane jauh dari harapan pelatih dan penggemar.

Paulinho saat itu banyak dikritik karena gaya bermainnya yang dianggap kurang patut bersama Tottenham. Ia hanya tampil 45 kali, mencetak enam gol dan tanpa meraih gelar di Spurs. Bahkan Paulinho pernah dinobatkan sebagai pemain terburuk Tottenham Hotspur sepanjang masa oleh para penggemar Tottenham.

Paulinho pun hengkang ke Guangzhou Evergrande pada tahun 2015. Di Liga Super China, penampilannya cenderung membaik. Ia membantu Evergrande meraih enam gelar utama, yakni dua gelar Liga, dua Piala Super, sekali Piala FA dan Liga Champions Asia.

Di Liga Super China, Paulinho mulai memperlihatkan kualitasnya. Bahkan tak jarang Paulinho memperlihatkan gocekannya di lapangan, mencetak beberapa kali gol indah, termasuk ke gawang Kashiwa Reysol di ajang Liga Champions Asia.

Baca juga:

Penampilan gemilangnya di China membuat Timnas Brasil kembali memanggilnya tahun lalu. Di bawah Tite, Paulinho kembali mengenakan jersey Selecao sejak Piala Dunia 2014 silam.

Keputusan Tite memanggil Paulinho terbilang tepat, karena sang pemain berhasil menyumbang empat gol dari dua pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Bisa dibilang, penampilan Paulinho memang membaik dalam beberapa tahun terakhir. Meski begitu, tidak ada jaminan dia bakal bersinar di Barca. Terlebih di lini tengah Barca sudah ada pemain-pemain hebat seperti Sergio Busquets, Ivan Rakitic dan Andre Gomes