Pelatih Kolombia Minta Maaf Atas Tindakan Rasis Cardona

Pelatih Kolombia Minta Maaf Atas Tindakan Rasis Cardona

Berita Bola Online – Pelatih Kolombia, Jose Pekerman telah mengeluarkan permintaan maaf setelah Edwin Cardona membuat sebuah gestur, yang dianggap sebagai tindakan rasis kepada pemain Korea Selatan dalam kekalahan 2-1 pada hari Sabtu (11/11).

Cardona tertangkap kamera melakukan tindakan berbau rasisme dalam laga uji coba melawan Korea Selatan, yang mana ia terlihat menarik mukanya ke bawah dan membuat matanya terlihat sipit. Gestur ini ia buat ketika sedang beradu mulut dengan pemain Korsel.

Perselisihan ini dimulai oleh James Rodriguez dan bek kiri Korsel, Kim Jin-su. Akibat gestur rasis tersebut, kemungkinan besar Cardona akan mendapatkan sanksi dari FIFA.

Cardona sendiri telah mengeluarkan permintaan maaf kepada publik dan menolak tuduhan telah melakukan tindakan rasis. Dia bersikeras bahwa dirinya tidak bermaksud untuk tidak menghormati siapapun, negara manapun atau ras manapun.

Baca Juga:

Sementara itu, Pekerman menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh pemainnya tersebut. “Kami sangat menyesalkan pelanggaran yang disebabkan oleh perilaku Cardona,” kata Pekerman dalam sebuah konferensi pers.

“Semua pemain kami turut prihatin dengan hal ini. Pemain sendiri juga meminta maaf di sosial media. Dia belum membuat kesalahan serupa sebelumnya. Mungkin [perilaku Cardona] adalah karena perbedaan budaya. Dia juga merasa sangat menyesal atas hal ini.

“Sepakbola bukan sekadar olahraga, dalam beberapa kesempatan, bahkan juga bisa memicu perang. Kami benar-benar minta maaf karena menyebabkan pengaruh negatif seperti itu,” tukas Pekermen.