Kasus Jamal Khashoggi dan Rencana Juventus vs AC Milan di Arab Saudi

Kasus Jamal Khashoggi dan Rencana Juventus vs AC Milan di Arab Saudi

Situs Agen Keno Online Terpercaya – Laga Piala Super Italia 2018 antara Juventus vs AC Milan akan digelar di Arab Saudi. Lokasi itu diminta ditinjau ulang terkait kasus tewasnya Jamal Khashoggi.

Juventus vs Milan akan tersaji di Piala Super Italia 2018. Rencananya, laga akan digelar di King Fahd International Stadium, Riyadh, Arab Saudi, 12-16 Januari 2019.

Arab Saudi memang baru meneken kerja sama dengan Liga Italia pada 6 Juni 2018. Kesepakatan itu membuat Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Piala Super Italia selama tiga tahun ke depan.

Namun seperti dilansir Calciomercato, ada desakan laga Juventus vs AC Milan sebaiknya tidak digelar di Arab Saudi. Hal itu terkait insiden yang menggemparkan dunia internasional belakangan ini.

Adalah tewasnya kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi, yang membuat laga Juventus vs AC Milan sebaiknya tidak digelar di Arab Saudi. Khashoggi tewas di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018 karena dibunuh.

Putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed Bin Salman diduga terlibat kasus itu. Pasalnya, Khashoggi kerap mengkritik pemerintah Arab Saudi di bawah rezim sang putra mahkota.

Untuk mengecam kasus pelanggaran HAM berat itu, mantan menteri olahraga Italia Luca Lotti mendesak pertandingan Juventus vs AC Milan tidak digelar di sana. Ia meminta Italia bisa menjunjung tinggi HAM lewat olahraga.

Baca Juga :Bukan Salah Donnarumma Milan Kalah dari Inter

“Berita mengerikan tentang kematian mengerikan wartawan Khashoggi membuat saya tercengang. Masyarakat sipil internasional harus membuat suaranya terdengar, di semua tingkatan,” kata Lotti di akun Facebook-nya.

“Saya percaya, bahwa bahkan dunia olahraga Italia tidak bisa dan tidak boleh menahan diri. Keputusan memainkan Piala Super Italia di Arab Saudi harus segera dibatalkan. Apa yang terjadi di konsulat Arab Saudi di Istanbul tidak bisa didiamkan begitu saja.”

“Sebagai anggota parlemen, sebagai mantan Menteri Olahraga dan sebagai warga negara Italia, saya mengajukan banding ke Lega Calcio untuk mempertimbangkan kembali keputusan memainkan pertandingan Juventus-Milan di Arab Saudi dan mengundang pemerintah untuk melakukan segala upaya untuk mencegah sepakbola Italia terlibat sesuatu yang menolak membela nilai-nilai dan hak asasi manusia, “tutupnya.

Arab Saudi menjadi negara keenam yang akan menjadi tuan rumah Piala Super Italia. Selain di Italia, Piala Super Italia sebelumnya pernah digelar di Amerika Serikat, Libya, China, dan Qatar.